085881460640

Bekasi Jawa Barat

Selamat Datang Di Web Opssekolahdasar

Wednesday, 3 August 2016

Hidarilah Backup Dapodik 2016 Untuk Operator Sekolah

Hidarilah Backup Dapodik 2016 Untuk Operator Sekolah-Banyak kasus banyak cerita setelah aplikasi dapodik selesai di rilis, Sebagian operator sekolah masih ada yang beradaptasi dengan dapodik 2016 atau mungkin sebagian sudah ada yang selesai sinkronisiasi di ajaran 2016 ini. Satu hal yang pasti dan harus di perhatikan di aplikasi Dapodik 2016 ini berbagai macam fitur telah banyak yang di rubah dan beberapa fitur di tambahkan di aplikasi dapodik generasi ke 5 ini.

Hari ini kami ingin berbagi pengalaman tentang aplikasi dapodik 2016 ini, ternyata perlu kita ketahui bahwa seorang operator yang suka pindah-pindah laptop atau komputer atau bahkan komputer atau laptop operator mengalami kerusakan dengan cara membackup data server dapodik 2016 hasil input data.
Hidarilah Backup Dapodik 2016 Untuk Operator Sekolah

Tidak seperti dapodik sebelumnya, bahwa untuk dapodik terdahulu kita masih bisa membackup data dapodik untuk kita pindahkan setelah insatal ulang dapodik dengan mengatur melalui tombol bendera komputer yang berada di pojok kanan, dengan mengktik services seperti penampilan gambar dibawah ini.

Hidarilah Backup Dapodik 2016 Untuk Operator Sekolah

Gambar di atas adalah cara untuk masuk kepengatur komponen-kompnen yang terlah kita insatal di dalam komputer. Salah satunya adalah aplikasi dapodik yang kita Instal Maka gambar yang akan muncul setelah kita ketik service seperti gambar yang diberi warna merah d atas dan dibawah, silahkan klik services diatas.
gambarna akan seperti ini.

Hidarilah Backup Dapodik 2016 Untuk Operator Sekolah

Tab gambar diatas menujukan berbagai perangkat telah terinsatal baik aplikasi ataupun bawaan dari windows OS itu sendiri. Sekarang kita lanjutkan ke gambar selanjutnya yaitu untuk mengatur aplikasi apa bila ingin membackup aplikasi dapodik, gambar pertama dan gambar ke dua adalah proses untuk menghentikan/stop aplikasi server dari dapodik


Hidarilah Backup Dapodik 2016 Untuk Operator Sekolah
Silahkan untuk mencoba backup dapodik 2016 klik bagian dapodikDB dan dapodikwebserv satu persatu lalu pilih stop, setalah selesai mengklik kedua komponen dapodik dengan Stop Silahkan klik tanda silak X warna merah di sudut kanan.

Lalu bukalah expolar computer masuk local Disk computer->ProgramFiles->Dapodik->pilihlah kedua folder yang ada di folder dapodik yaitu database dan dataweb.

Hidarilah Backup Dapodik 2016 Untuk Operator Sekolah
 Hapus atau delet kedua folder tersbut, lalu gantilah dengan folder tersebut dengan folder baru dari dapodik yang sudah di backup tadi/atau apa bila kita ingin membackup dapodik ambil saja kedua folder tersebut.

Catatan : apa bila kita sudah instal Dapodik baru di komputer/laptop lain, maka hapus terlebih dahulu kedua folder tersebut, dengan cara mengikuti langkah-langkah diatas. Lalu gantilah dengan folder yang hasil backup tadi hasil singkronisasi terbaru (data Baru)

Namun untuk dapodik 2016 ini sangat di sayangkan, apa bila kita mengalami kasus seperti latop error atau rusak maka kita tidak bisa membackup data-data dapodik yang sudah selesai 100% kita kerjaan. Karena apa bila ini di lakukan tidak akan berhasil mendetek datawebserv pada aplikasi dapodik, dan nantinya ada  informasi keluar pemberitahuan "Di anggap Ilegal".

Salah satu cara apa bila kita mengalami kerusakan laptop/hardist Erorr dan lain sebagainya. yaitu dengan cara kita mengambil prefil dapodik ataupun dengan cara registrasi kembali. Akan tetapi di sini ada perbedaan antara registrasi ulang dengan cara registrasi mengmbil dara dengan Prefil.

Sampai di sini dahulu informasi terkait dengan dapodik 2016 'sampai ketemu lagi di informasi selanjutnya tentang cara perbedaan antara registrasi dengan prefil dan tanpa prefile atau Online".Terimkasih

2 comments:
Write komentar
  1. Mau tanya gan/sist
    kalau versi 2016c mau update ke dapodik v2017 itu bagaimana caranya ya ?
    sedangkan kalau mau diinstal ulang aplikasi v2016c nya belum bisa sinkronisasi
    thanks

    ReplyDelete
  2. tuk agan mf baru bisa bls komennya, semoga ga terjadi apap2. sedikit masukkan saja. bhwa aplikasi dapodik dari tahun 2016 ampe sekarang setiap pembaharuan harus di instal ulang aplikasinya, asalkan kita sudah singkroniasi.kalau blm bisa singkronsiasi, usahkan jangan sampai ada data valid tiap mau sing coba validasi terlebih dahulu.
    Terimkasih semoga bermanfaat.

    ReplyDelete

Terimakasih Sudah Berkunjung di Website Opssekolah Dasar. Join Our Newsletter http://opssekolahdasar.blogspot.co.id
Join Our Newsletter