085881460640

Bekasi Jawa Barat

Selamat Datang Di Web Opssekolahdasar

Thursday, 16 June 2016

Cara Mudah Input Data Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik

Cara Mudah Input Data Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik-Selamat data salam semangat untuk operator sekolah di manapun berada, Untuk menyambut ajaran baru seperti biasa para operator sekolah akan di sibukan denga berbagi data untuk di input ke dalam aplikasi dapodik, salah satu hal yang tak asing lagi bagi operator adalah memasukan atau menginput data peserta didik baru yang bisa memakan waktu 3 minggu dalam sebulan atau bahkan lebih, karean input data cepat selesai tergantung banyak sedikitnya siswa peserta didik baru. Itu bagi operator yang sudah berkecipung denga aplikasi bertahun-tahun, nah bagi operator sekolah yang baru mengenal aplikasi data pada dapodik, terutama untuk menginput data PD di aplikasi dapodik secara offline.

Admin kesempatan ini akan memberikan gambaran secara lengkap namun simple cara mudah input data PD di aplikasi dapodik. Langsung saja ke topik ke pembahasan dibawah ini dan admin ucapkan selamat menyimak...!!!!!

Pertama-tama kamu harus buka dulu icon dapodik di laptop, siapkan username dan password. Setelah login selesai maka kita akan dibawa ke halaman depan aplikasi dapodik, perhatikan gambar dibawah ini adalah langkah awal untuk menginput data PD.

Cara Mudah Input Data Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik

Ket : Untuk memulai awal input data peserta didik atau input data siswa pindahan, silahkan kamu klik Tab "Peserta Didik" yang di lingkari warna Hitam.
Inilah tampilan pertama untuk input data peserta didik di tab baru : Perhatikan lagi gambar dibawah ini,
Cara Mudah Input Data Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik
Ket : Dari gambar ke 2 ini adalah tab di mana kumpulan PD semua kelas setelah kita awal input PD di dapodik, Sekarang langkah untuk memasukan PD baru dan PD Pindahan.
Perhatikan ada dua angka dan di lingkari kotak, Dari situ merupakan langkah cepat untuk mengisi data PD secara lengkap. dari angka 1 dan angka 2 memiliki perbedaan dalam menginput data PD. Simak lagi dibawah ini yang di tampilkan oleh gambar untuk angka 1 Dengan kata "Tambahkan"

Cara Mudah Input Data Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik

Ket : Bila kamu sudah klik kata "Tambah" maka akan muncul tab baru seperti di atas, Tab baru di atas adalah awal kita mengisi data PD, lalu klik lagi "Tambah" seperti gamar yang di lingkari tidak di beri angka. Dari sana, bila sudah selesai isi semua data sampai selesai, jangan dulu di save, perhatikan angka 2 yang di beri tanda panah ke atas, adalah untuk "Memindahkan Ke Tabel Utama" dapodik seperti gambar yang di lingkari warna hitam dan di beri angka 1.

Up...belum selesai cuy.......!Tu baru cara pertama input data PD, Sekarang cara ke 2. Perhatikan lagi gambar di bawah ini.
Cara Mudah Input Data Peserta Didik Di Aplikasi Dapodik
Ket : Setelah kami mengklik "Tambah siswa Kelas 1SD" seperti petunjuk yang di lingkari warna merah adalah untuk mengisi data PD secara lengkap. Tapi di sini ada batasan Save dulu, tidak bisa untuk mengisi seluruh kolom yang tersedia.
Setelah di save balik lagi ke tabel dengan cara cari nama siswa yang tadi di input, lalu klik "edit" maka selanjutnya isilah bagian tabel bawah. Selesai isi semu baru tekan tombol "save"

Nah....dari situ sudah selesai sebagai tahap awal untuk menginput data PD pada peserta didik baru, belum selesai sampai situ, masih ada tahap selanjutnya tentang Registrasi di dapodik. Insallah pembahasan selanjutnya admin akan bahasa Registrasi PD baru di kesempatan lainnya.(Peroses)

Silahkan untuk Menyelesaikan Input data PD Baru/Mutasi Bisa Masuk Halaman Ini - Registrasi PD

Jika mengalami kendala atau kurang paham silahkan baca lagi secara sekasam. Dan admin ucapkan selamat mencoba dan semoga berhasil..... SALAM Operator Sekolah

No comments:
Write komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung di Website Opssekolah Dasar. Join Our Newsletter http://opssekolahdasar.blogspot.co.id
Join Our Newsletter