085881460640

Bekasi Jawa Barat

Selamat Datang Di Web Opssekolahdasar

Thursday, 17 March 2016

DUNIA PAUD : 5 MACAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SENTRA PAUD

Dalam pendidikan anak usia dini membutuhkan banyak kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Salah satunya kegiatan pembelajaran yang berpusat pada suatu area yang biasa disebut dengan sentra. Pembelajaran sentra merupakan pembelajaran yang difokuskan pada anak (student center) guru sebagai pengawas dan fasilitator. Pada pembelajaran sentra ini mempunyai bermacam-macam bentuk sentra, yaitu:

Sentra keimanan dan ketaqwaan
Sentra keimanan dan ketaqwaan merupakan pembelajaran berbagai kegiatan yang berfungsi untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam sentra ini anak melakukan kegiatan bermain mengenal agama islam yakni sepert rukun islam, anak diajak bermain sambil menghafal rukun islam ada 5 (syahadat,sholat,puasa,zakat dan haji), belajar tentang rukun iman , sholat , mengaji, dan mengucapkan kalimat syahadat. Sentra ini bertujuan agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuan beragama sejak dini dan dapat membentul pribadi yang cerdas dan berperilaku sesuai norma agama. Dalam sentra ini dapat disajikan buku cerita islam, miniatur bangunan ibadah, gambar-gambar yang bernuansa islam

Sentra Alam
Sentra alam merupakan berbagai kegiatan pembelajaran yang berfungsi untul meningkatkan rasa cinta kepada alam. Seperti peserta didik dibiasakan untuk selalu menjaga lingkungan sekitar dengan membuang sampah pada tempatnya. Dan dalam sentra ini peserta didik dapat bereksplorasi dengan berbagai materi yang berhubungan dengan alam.

Sentra seni
Sentra seni bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan bakat, minat dan ketrampilannya. Seperti contoh ketrampilan tangan, disini peserta didik diajarkan untuk melipat, mengggunting, mengelem , mewarnai , membuat prakarya. Dll. Di sentra ini anak bermain sambil belajar mengasah rasa keindahan, membangun kemandirian , kerja sama dan tanggung jawab.

Sentra bermain peran
Sentra bermain peran sangat mendukung peserta didik pada perkembangan bahasa dan interaksi sosial. Seperti peserta didik diajak untuk bermain peran upacara setiap hari senin dengan di dampingi oleh gurunya.

Sentra balok
Sentra balok ini membantu perkembangan anak dalam berkontruksi terutama mengembangkan kemampuan visual dan matematika peserta anak usia dini.

Model pembelajaran sentra ini sangat bermanfaat untuk diterapkan kepada peseta didik paud karena sangat bermanfaat untuk mengembangkan potensi yang dimilik oleh setiap individu.

Sumber : Kompasiana

No comments:
Write komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung di Website Opssekolah Dasar. Join Our Newsletter http://opssekolahdasar.blogspot.co.id
Join Our Newsletter